Jumat, 25 November 2011

Tugas Organisasi & Arsitektur Komp.

Multiplexer dan Demultiplexer

Multiplekser atau disingkat MUX adalah alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input (masukan) yang akan diteruskan ke bagian output (keluaran). Pemilihan input mana yang dipilih akan ditentukan oleh signal yang ada di bagian kontrol (kendali) Select.
Komponen yang berfungsi kebalikan dari MUX ini disebut Demultiplekser (DEMUX). Pada DEMUX, jumlah masukannya hanya satu, tetapi bagian keluarannya banyak. Signal pada bagian input ini akan disalurkan ke bagian output (channel) yang mana tergantung dari kendali pada bagian SELECTnya.
Dalam elektronik, sebuah multiplexer atau mux (kadang-kadang muldex istilah atau muldem juga ditemukan [1] untuk demultiplexer kombinasi multiplexer-) adalah alat yang melakukan multiplexing, tetapi memilih salah satu dari banyak atau sinyal analog input digital dan meneruskan input yang dipilih ke satu baris. Sebuah Multiplexer dari 2n masukan telah n baris pilih, yang digunakan untuk memilih baris masukan untuk dikirim ke output.
Sebuah Multiplexer elektronik memungkinkan beberapa sinyal untuk berbagi satu perangkat atau sumber daya, misalnya satu A / D converter atau satu jalur komunikasi, daripada harus satu perangkat per sinyal input.
Pada ujung yang lain, suatu demultiplexer (atau demux) adalah perangkat mengambil sinyal input tunggal dan memilih salah satu dari banyak-output data-baris, yang dihubungkan ke input tunggal. Multiplexer Sebuah sering digunakan dengan demultiplexer pelengkap di ujung penerima.
Sebuah Multiplexer elektronik dapat dianggap sebagai input-ganda, switch single-output, dan sebuah demultiplexer sebagai masukan-tunggal, switch multi-output. Simbol skematis untuk multiplexer adalah trapesium sama kaki dengan sisi sejajar lagi berisi pin input dan sisi paralel pendek berisi pin output. Skema di sebelah kanan menunjukkan multiplexer 2-ke-1 di sebelah kiri dan saklar setara di sebelah kanan. Kabel sel menghubungkan input yang diinginkan untuk output.
Dalam telekomunikasi, multiplexer adalah sebuah perangkat yang menggabungkan sinyal masukan beberapa informasi ke dalam satu sinyal keluaran, yang membawa beberapa jalur komunikasi, dengan menggunakan beberapa teknik multipleks. demultiplexer adalah dalam konteks ini berupa perangkat mengambil sinyal input tunggal yang membawa banyak saluran dan memisahkan mereka lebih dari beberapa sinyal output.
Dalam pengolahan telekomunikasi dan sinyal, sebuah divisi Multiplexer waktu analog (TDM) dapat mengambil beberapa contoh sinyal analog terpisah dan menggabungkan mereka ke dalam satu amplitudo pulsa termodulasi (PAM) lebar-band sinyal analog. Atau, sebuah multiplexer TDM digital mungkin akan menggabungkan sejumlah data bit rate konstan digital stream menjadi satu aliran data rate data yang lebih tinggi, dengan membentuk frame data yang terdiri dari satu timeslot per saluran.
Dalam telekomunikasi, jaringan komputer dan video digital, multiplexer statistik dapat menggabungkan data rate bit variabel beberapa aliran menjadi satu sinyal bandwidth konstan, misalnya dengan alat komunikasi paket mode. Sebuah Multiplexer terbalik dapat memanfaatkan beberapa jalur komunikasi untuk mentransfer satu sinyal.
Fungsi dasar dari multiplexer: menggabungkan beberapa masukan ke dalam aliran data tunggal. Pada sisi penerima, demultiplexer membagi aliran data tunggal ke dalam beberapa sinyal asli.
Satu digunakan untuk multiplexer adalah penghematan biaya dengan menghubungkan multiplexer dan demultiplexer (atau demux) bersama-sama melalui saluran tunggal (dengan menghubungkan output tunggal multiplexer untuk input tunggal demultiplexer’s). Gambar ke kanan menunjukkan ini. Dalam hal ini, biaya pelaksanaan saluran terpisah untuk setiap sumber data lebih mahal daripada biaya dan ketidaknyamanan penyediaan multiplexing / fungsi demultiplexing. Dalam analogi fisik, mempertimbangkan perilaku penggabungan penumpang melintasi jembatan sempit; kendaraan akan bergantian menggunakan jalur yang tersedia sedikit. Setelah mencapai ujung jembatan mereka akan terpisah menjadi rute terpisah untuk tujuan mereka.
Pada akhir menerima data link demultiplexer pelengkap biasanya diperlukan untuk istirahat satu stream data kembali ke dalam asli sungai. Dalam beberapa kasus, sistem ujung mungkin memiliki fungsi lebih dari demultiplexer sederhana dan begitu, sementara demultiplexing masih ada secara logis, itu mungkin tidak pernah benar-benar terjadi secara fisik. Ini akan menjadi khas dimana multiplexer melayani jumlah pengguna jaringan IP dan kemudian feed langsung ke router yang segera membaca isi dari link tersebut ke dalam prosesor routing dan kemudian melakukan demultiplexing dalam memori dari mana ia akan dikonversi langsung ke IP paket.
Seringkali, multiplexer dan demultiplexer digabungkan bersama-sama ke dalam satu peralatan, yang biasanya disebut hanya sebagai “multiplexer”. Kedua buah tetap dibutuhkan pada kedua ujung sebuah link transmisi karena kebanyakan sistem komunikasi mengirimkan di kedua arah.
Contoh dunia nyata adalah penciptaan telemetri untuk transmisi dari komputer / sistem instrumentasi dari satelit, pesawat ruang angkasa atau kendaraan remote lain untuk sistem darat.
Dalam desain sirkuit analog, multiplexer adalah tipe khusus dari saklar analog yang menghubungkan satu sinyal dipilih dari beberapa input output tunggal.
Referensi : www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar